PT.INDOMARET
A.
PROFIL PERUSAHAAN:
Indomaret
adalah jaringan mini market waralaba di Indonesia. Mini market ini menyediakan
berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Indomaret sangat
mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas
umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Merek mini market Indomaret dipegang oleh PT. Indomarco Prismatama. Kini gerai
Indomaret telah mencapai lebih dari 7.868 di wilayah Jawa, Madura, Bali,
Sumatera dan Sulawesi yang 40% terdiri dari gerai milik terwaralaba dan 60%
milik PT. Indomarco Prismatama. Barang dagangan sebagian besar didapat dari 17
pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk.
Awal dibukanya Indomaret adalah untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan pada tahun 1988 di Ancol, Jakarta Utara. Dengan dibukanya gerai pertama ini, perusahaan kemudian tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja. Hasil investigasi beberapa orang karyawan mendapat kesimpulan bahwa masyarakat cenderung memilih untuk berbelanja di gerai modern atas dasar kelengkapan produk, kualitas produk, harga yang bersaing dan suasana yang lebih nyaman
.
Pada
mulanya, Indomaret memiliki konsep penyelenggaraan gerai 200 m2 yang berlokasi
di
dekat hunian konsumen demi menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun
kebutuhan sehari-hari serta untuk melayani konsumen yang bersifat majemuk.
Namun seiring berjalannya waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah
gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen.
maka terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail
yang berskala besar, lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan
bervariasi.
Manajemen Indomaret kemudian memutuskan untuk berkomitmen menjadikan Indomaret sebagai aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global sebagai respon terhadap pemikiran dan pengoperasian perusahaan yang sepenuhnya dilakoni oleh putra putri Indonesia sekaligus menanggapi sambutan positif masyarakat terhadap minimarket waralaba ini.
Indomaret pun tidak hanya aktif dalam bisnis minimarket waralabanya. Indomaret
membagikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di sekitar toko Indomaret
setiap tahunnya. Tahun 2009, beasiswa diberikan kepada 1.300 Siswa 260 Sekolah
dasar yang ada di Jawa, Bali, Madura dan Sumatera. Tidak hanya itu, Indomaret
juga menyelenggarakan Festival Vokal Group Indomaret (FOGI) yang merupakan
inisiatif Indomaret untuk memfasilitasi talenta kaum muda Indonesia yang
berbakat dalam dunia tarik suara, khususnya Vokal Group. Acara ini diadakan
setiap tahun di kota-kota besar, untuk kemudian Final di Jakarta. Tahun 2010
Para Pemenang FOGI mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam kejuaraan
dunia Vokal Group, World Choir Games, di Shaoxing China, dan meraih juara
pertama. Indomaret juga terlibat dalam kegiatan sosial lainnya seperti
penggalangan dana untuk korban merapi dan penggalangan dana kemanusiaan dengan
PMI.
B.
SEJARAHNYA:
Awal
dibukanya Indomaret adalah untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok
sehari-hari karyawan pada tahun 1988 di Ancol, Jakarta Utara. Dengan dibukanya
gerai pertama ini, perusahaan kemudian tertarik untuk lebih mendalami dan
memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja. Hasil
investigasi beberapa orang karyawan mendapat kesimpulan bahwa masyarakat
cenderung memilih untuk berbelanja di gerai modern atas dasar kelengkapan
produk, kualitas produk, harga yang bersaing dan suasana yang lebih nyaman.
Pada mulanya, Indomaret memiliki konsep penyelenggaraan gerai 200 m2 yang berlokasi di dekat hunian konsumen demi menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari serta untuk melayani konsumen yang bersifat majemuk. Namun seiring berjalannya waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen. maka terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail yang berskala besar, lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan bervariasi.
C.
MODAL
PERUSAHAAN :
Minimarket ini adalah salah satu waralaba ritel
terbesar di indonesia. Saat ini sangat mudah menjumpai waralaba Indomaret
ini. Usaha waralaba Indomaret yang berkembang dengan pesat ini, tercatat sudah
lebih dari 6000 toko yang tersebar di indonesia. Awalnya toko ini dibuka pada
tahun 1988 dan mulai menjalankan bisnis kemitraan pada tahun 1997.
Keuntungan Franchise Minimarket ini di tahun 2014
1. Transformasi Pengetahuan. Bergabung dengan
Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus
menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
2. Potensi Pasar. Bantuan survey lokasi dari
Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu
lokasi
3. Tidak full tim. Dukungan sistem operasional toko
yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time
dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
4. Peluang Berkembang. Investor dapat memiliki
lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat
diatur.
5. Minimalisasi Risiko. Perencanaan matang, mulai
survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan
kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan
membantu investor dalam menekan risiko kerugian.
Biaya Franchise Rp36.000.000 (+PPN)
Biaya Investasi +/- Rp410.000.000 (Franchise Fee,
Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)
D.
Sumber:
- http://indomaret.co.id/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret
- http://indomaret.co.id/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret
Tidak ada komentar:
Posting Komentar